Jumat, 14 Februari 2014

PVMBG: Meletus 3 Jam, Gunung Kelud Muntahkan Material Setinggi 17 Km

Gunung Kelud yang meletus pada Kamis (13/2/2014) malam, memuntahkan sejumlah material. Bahkan material itu dimuntahkan hingga ketinggian 17 Km.

Dari catatan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), semalam erupsi berlangsung sekitar tiga jam. Ketinggian letusan sekitar 17 kilometer, dengan jumlah material yang dimuntahkan sekitar 100 juta hingga 120 juta meter kubik.

"Jadi wajar abunya kemana-mana, sampai ke Bandung juga," ujar Pelaksana Tugas Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Gede Suantika saat dihubungi detikcom melalui telepon, Jumat (14/2/2014).

Sebelumnya PVMBG memprediksikan bahwa letusan besar tidak akan terjadi lagi. Meski demikian, PVMBG tetap mengimbau warga tak mendekat Gunung Kelud dalam radius 10 kilometer. Hingga kini statusnya masih di level 4, yaitu siaga. "Karena di sekitar kawahnya masih ada erupsi kecil, ketinggiannya sekitar 500 meter hingga 1.000 meter," terang Gede.

Menurutnya kini yang masih terasa adalah dampak letusan yaitu berupa hujan abu. "Yang jauh-jauh cuma abu saja, kalau Kediri itu hujan pasir, diameternya sampai dua centimeter," pungkas dia yang sedang berada di daerah Gunung Kelud ini. Sumber *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//** Like Button FB **//
//** Like Button FB **//