Jumat, 02 November 2012
Rabu, 31 Oktober 2012
Mobil ESEMKA: Rajawali (SUV) Rp 95 Juta atau Bima (Truk Mini) Rp 70 Juta?
Rajawali |
Bima. |
Wakil Walikota Solo yang tak lama lagi akan dilantik menjadi Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy), memastikan banderol Esemka jauh lebih murah dibanding mobil luar negeri yang ada di pasaran.
Untuk Rajawali jenis sport utility vehicle (SUV), PT SMK mematok harga Rp95 juta per unit. Sementara Bima yang berjenis minitruk dibanderol Rp65 juta hingga Rp70 juta per unit. Kedua mobil tersebut berkapasitas 1.500 cc.
”Semahal-mahalnya Esemka pun duitnya masuk ke dalam negeri. Semurah-murahnya beli mobil Jepang uangnya ya bakal masuk ke Jepang. Kalau memang nasionalis ya ganti mobil Jepang dengan Esemka,” imbaunya.
Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park (STP), Gampang Sarwono, menyebut sebelum diproduksi massal, pihaknya akan melakukan sejumlah penyempurnaan terlebih dulu. ”Akan ada sedikit perbaikan interior dan kapasitas mesin,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Gampang memastikan produksi massal Esemka akan berpusat di STP. ”Pusatnya di Solo. Nanti juga akan dibantu pabrik di Cikarang.”
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, masyarakat sudah bisa memesan Esemka, mulai 10 November 2012. Rudy optimistis peluncuran resmi Esemka tinggal menunggu waktu. Keyakinan itu mencuat setelah dia mengetahui SUT atas Esemka Rajawali dan Esemka Bima resmi diterbitkan.
Sebelumnya, mobil keluaran PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) ini juga telah lolos uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong.
Label:
10 November 2012,
70 Juta,
95 Juta,
Bima,
BTMP Serpong,
Cikarang,
Esemka,
FX Hadi Rudyatmo.1500 cc,
Gampang Sarwono,
mobil,
pesan,
PT Solo Manufaktur Kreasi,
Rajawali,
Solo,
STP,
truk mini,
Walikota
Beraneka Trik Permintaan Upeti Sebagian Anggota Dewan
Isu upeti bagi wakil rakyat telah ada sejak dulu. Lagu lama ini nyaring kembali setelah pekan lalu Menteri Badan Usaha Milik Dahlan Iskan melapor ke Menteri Sekretaris Kabinet Dipo Alam bahwa masih ada anggota DPR yang meminta “jatah”.
Sumber-sumber Tempo membeberkan beraneka macam trik permintaan upeti dari sebagian anggota Dewan
1.Uang lelah
Supaya rapat dengar pendapat berjalan lancar, dibutuhkan dana Rp 1,5 miliar untuk “menjinakkan” anggota Dewan. Kucuran dana meningkat hingga puluhan miliar rupiah dalam rapat khusus membahas kenaikan tarif atau subsidi.
2.Uang jasa
Sumber-sumber Tempo membeberkan beraneka macam trik permintaan upeti dari sebagian anggota Dewan
1.Uang lelah
Supaya rapat dengar pendapat berjalan lancar, dibutuhkan dana Rp 1,5 miliar untuk “menjinakkan” anggota Dewan. Kucuran dana meningkat hingga puluhan miliar rupiah dalam rapat khusus membahas kenaikan tarif atau subsidi.
2.Uang jasa
A. Jasa anggaran
Kewenangan mengatur alokasi anggaran membuat posisi anggota Dewan rawan. Mantan anggota Badan Anggaran, Wa Ode Nurhayati, divonis enam tahun penjara karena menerima komisi Rp 6,25 miliar dalam pengaturan anggaran infrastruktur untuk tiga daerah.
B. Jasa proyek
Selain “jasa” alokasi anggaran, jasa lain yang dilakukan anggota Dewan adalah pengaturan proyek. Kasus terbaru adalah kasus suap proyek pengadaan Al-Quran yang melibatkan anggota Badan Anggaran Zulkarnaen Djabar. Ia diduga menerima suap Rp 4 miliar.
4.Uang saku
Uang saku diberikan saat pembahasan anggaran di hotel. Besarnya tergantung jumlah hari menginap. Di luar uang saku anggota Dewan juga mendapat fasilitas hotel, makan, dan bermain golf. Sebuah institusi keuangan yang baru terbentuk sukses mendapat anggaran berkat pendekatan uang saku.
5.Uang CSR
Lembaga negara diminta menanggung akomodasi dan menyediakan honor untuk anggota Dewan yang diundang ke daerah pemilihannya sendiri. Cara ini “separuh legal” karena anggaran lembaga negara itu disetujui oleh Dewan. Contohnya adalah dua orang anggota Dewan yang menjadi narasumber di daerah pemilihannya dengan biaya dari lembaga negara.
6.Dana Bantuan Sosial
Kementerian Pertanian mengaku sering mendapat proposal dan bantuan sosial dari anggota Dewan. Proposal yang diajukan biasanya berupa terusan dari kelompok tani sebagai bentuk penyampaian aspirasi daerah pemilihannya.
7.Jatah direksi
Partai politik melalui anggotanya di Senayan ditengarai sering bergerilya untuk mendudukkan orangnya sebagai direksi atau komisaris badan usaha milik negara.
8.Jatah haji
Anggota Dewan meminta jatah kuota haji yang tidak terserap. Biasanya, jatah yang diambil adalah milik jamaah yang batal berangkat. Padahal seharusnya jatah itu diberikan kepada jamaah yang masuk daftar tunggu.
9.Meminta margin
Modus lainnya adalah meminta margin (bagian keuntungan) dari subsidi kepada badan usaha milik negara. Biasanya, permintaan margin diambil dari penjualan barang subsidi.
Kewenangan mengatur alokasi anggaran membuat posisi anggota Dewan rawan. Mantan anggota Badan Anggaran, Wa Ode Nurhayati, divonis enam tahun penjara karena menerima komisi Rp 6,25 miliar dalam pengaturan anggaran infrastruktur untuk tiga daerah.
B. Jasa proyek
Selain “jasa” alokasi anggaran, jasa lain yang dilakukan anggota Dewan adalah pengaturan proyek. Kasus terbaru adalah kasus suap proyek pengadaan Al-Quran yang melibatkan anggota Badan Anggaran Zulkarnaen Djabar. Ia diduga menerima suap Rp 4 miliar.
4.Uang saku
Uang saku diberikan saat pembahasan anggaran di hotel. Besarnya tergantung jumlah hari menginap. Di luar uang saku anggota Dewan juga mendapat fasilitas hotel, makan, dan bermain golf. Sebuah institusi keuangan yang baru terbentuk sukses mendapat anggaran berkat pendekatan uang saku.
5.Uang CSR
Lembaga negara diminta menanggung akomodasi dan menyediakan honor untuk anggota Dewan yang diundang ke daerah pemilihannya sendiri. Cara ini “separuh legal” karena anggaran lembaga negara itu disetujui oleh Dewan. Contohnya adalah dua orang anggota Dewan yang menjadi narasumber di daerah pemilihannya dengan biaya dari lembaga negara.
6.Dana Bantuan Sosial
Kementerian Pertanian mengaku sering mendapat proposal dan bantuan sosial dari anggota Dewan. Proposal yang diajukan biasanya berupa terusan dari kelompok tani sebagai bentuk penyampaian aspirasi daerah pemilihannya.
7.Jatah direksi
Partai politik melalui anggotanya di Senayan ditengarai sering bergerilya untuk mendudukkan orangnya sebagai direksi atau komisaris badan usaha milik negara.
8.Jatah haji
Anggota Dewan meminta jatah kuota haji yang tidak terserap. Biasanya, jatah yang diambil adalah milik jamaah yang batal berangkat. Padahal seharusnya jatah itu diberikan kepada jamaah yang masuk daftar tunggu.
9.Meminta margin
Modus lainnya adalah meminta margin (bagian keuntungan) dari subsidi kepada badan usaha milik negara. Biasanya, permintaan margin diambil dari penjualan barang subsidi.
Label:
anggota,
BUMN,
Dahlan Iskan,
dana bantuan sosial,
Dewan,
DIpo Alam,
jasa anggaran,
jasa proyek,
jatah direksi,
jatah haji,
lagu lama,
margin,
menteri,
Sekretaris Kabinet,
trik,
uang jasa,
uang lelah,
uang saku,
upeti
Keunggulan Nexus 7 Versus iPad Mini
Kehadiran iPad mini mungkin menjadi berita utama, tapi gadget itu sebenarnya bukan apa-apa jika dibandingkan dengan Nexus 7. Berikut alasan mengapa Nexus 7 mengalahkan iPad mini dengan mudah.
Yang pertama (dan yang paling jelas), produk Apple lebih mahal. Model dasar Nexus 7 dijual dengan harga $129 (setara Rp1,25 juta) — lebih murah daripada iPad Mini versi dasar. Bagi kebanyakan orang, perbedaan tersebut signifikan. Uang tersebut bisa dipakai membeli sebuah hard disk SSD 128GB yang mampu mempercepat kerja komputer Anda, sebuah monitor 21 inci 1080p atau smartphone yang fantastis seperti Droid RAZR M seharga $99 (Rp954,43 ribu).
Lanjut ...
Kamis, 25 Oktober 2012
Nilai Sepuluh Untuk Pidato Jokowi Pada Hari Kesepuluh
Gubernur DKI Jakarta Jokowi untuk pertama kalinya mengumpulkan para wali kota, bupati, 44 camat dan 267 lurah se-Jakarta. Jokowi memberi wejangan tentang perlunya perubahan birokrasi sebagai abdi pelayan masyarakat.
Wejangan Jokowi disampaikan di Balai Agung Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2012). Semua hadirin mengenakan batik, tak terkecuali Jokowi yang berkemeja batiklengan panjang warna coklat.
Berikut pidato tanpa teks Jokowi tersebut:
Saya minta tersenyum semuanya. Jangan tegang. Saya lihat tegang semuanya. Saya tidak akan marah hari ini. Camat dan Lurah adalah partner saya. Rekan kerja saya yang berada di front paling depan yang berhubungan dengan masyarakat. Sehingga saya minta semuanya nanti mempunyai visi, budaya kerja, dan budaya pelayanan yang sama.
Saya tidak ingin bicara banyak. Yang kemarin (sidak-red) saya nggak ada urus. Sudahlah. Tapi ke depan, saya pengin semuanya punya visi yang sama. Jadi jangan takut yang kemarin saya kunjungi jadi nggak nyenyak tidur. Tidurlah yang nyenyak, nggak ada. (Hadirin tertawa kecil-red).
Saya lihat di kelurahan dan kecamatan (Jokowi memperlihatkan foto-foto hasil kunjungannya dengan Infocus-red) banyak ruangan yang tertutup. Pakai sistem loket sudah 200 tahun ketinggalan. Coba lihat tempat pelayanan di bank. Nggak ada yang pakai loket, semuanya open, terbuka. Jadi kalau memang jam 07.30 sudah buka, mestinya harus sudah siap melayani.
Kemudian ada tempat pelayanan yang campur-campur. Mulailah dibersihkan sehingga menjadi tempat yang nyaman. Kalau ada anggaran tahun sekarang, kita bangun sekarang. Tapi kalau belum, mulailah didesain supaya nanti menjadi tempat yang nyaman.
Saya kemarin nyoba mau buat KTP, saya nunggunya di mana? Hanya ada satu kursi, dua kursi. Kalau ada yang lain, antrenya di mana, apa harus duduk di lantai? Kita ini melayani masyarakat. Mereka itu ibaratnya konsumen. Harus dilayani seperti raja.
Ke depan, tata ruang di kelurahan, kecamatan, walikota, semua wilayah, bupati, semuanya tempat pelayanan itu kayak bank, terbuka. Tempat duduknya yang dilayani justru harus enak. Tolong Pak Lurah, Bu Lurah, Pak Camat dan Bu Camat, beritahu mereka, kalau masyarakat datang, beri ucapan selamat pagi. Kalau siang, selamat siang. Ini melayani.
Jangan yang ada di front depan, sudah tehnya nggak enak, nggak ngucapin salam, merengut. Makanya pasang yang cantik di depan. Ini tempat pelayanan, budaya itu harus diubah. Saya yakin SDM di DKI ini luar biasa bagus. Luar biasa bagus.
Kita punya recource SDM yang baik. Kita cuma ingin mengubah dari pola lama ke pola yang baru. Dan saya yakin semuanya sanggup untuk itu. Gimana sanggup nggak? (hadirin menjawab sangguup!-red). Saya tunggu tanggal mainnya.
Untuk tempat ngantre buatkan sofa yang bagus. Niru bank-lah. Ada gambar tata ruang yang sama, di seluruh kelurahan dan kecamatan sehingga kelihatan bahwa kita sedang berubah sistem pelayanan. Kalau perlu yang di depan pakai pakaian khusus, jas dasi. Kalau perlu beli air conditioner. Orang nunggu 1 jam juga enak. Ini yang harus kita ubah.
Pada hari ini saya ingin menyampaikan ini saja. Saya kira semuanya sudah paham apa yang diinginkan. Jadi jangan kira saya datang ke kelurahan, kecamatan, walikota, hanya hari itu saja. Tidak. Setiap hari saya akan datang ke tempat pelayanan. Baik puskesmas, kelurahan, kecamatan, dan jangan kaget saya bisa datang pagi. Datang sore juga. Jam berapa habis kerja? (Ada yang menjawab jam empat!-red). Jam empat di sana pas akhir.
Saya datang juga tidak mau marah-marah. Hanya dolan saja, main saja. Paling kalau ada yang tidak beres, saya catat. Tapi yang kemarin saya tidak catat. Nggak akan saya tulis apa-apa. Ke depan, mesti saya bawa catatan. Itu rapor. Rapor itu perlu.
Saya dolan ke Pak Lurah, Bu Lurah, senang nggak? (Hadirin menjawab: Senaaang-red)
Saya dolan aja kok.
Wejangan Jokowi disampaikan di Balai Agung Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2012). Semua hadirin mengenakan batik, tak terkecuali Jokowi yang berkemeja batiklengan panjang warna coklat.
Berikut pidato tanpa teks Jokowi tersebut:
Saya minta tersenyum semuanya. Jangan tegang. Saya lihat tegang semuanya. Saya tidak akan marah hari ini. Camat dan Lurah adalah partner saya. Rekan kerja saya yang berada di front paling depan yang berhubungan dengan masyarakat. Sehingga saya minta semuanya nanti mempunyai visi, budaya kerja, dan budaya pelayanan yang sama.
Saya tidak ingin bicara banyak. Yang kemarin (sidak-red) saya nggak ada urus. Sudahlah. Tapi ke depan, saya pengin semuanya punya visi yang sama. Jadi jangan takut yang kemarin saya kunjungi jadi nggak nyenyak tidur. Tidurlah yang nyenyak, nggak ada. (Hadirin tertawa kecil-red).
Saya lihat di kelurahan dan kecamatan (Jokowi memperlihatkan foto-foto hasil kunjungannya dengan Infocus-red) banyak ruangan yang tertutup. Pakai sistem loket sudah 200 tahun ketinggalan. Coba lihat tempat pelayanan di bank. Nggak ada yang pakai loket, semuanya open, terbuka. Jadi kalau memang jam 07.30 sudah buka, mestinya harus sudah siap melayani.
Kemudian ada tempat pelayanan yang campur-campur. Mulailah dibersihkan sehingga menjadi tempat yang nyaman. Kalau ada anggaran tahun sekarang, kita bangun sekarang. Tapi kalau belum, mulailah didesain supaya nanti menjadi tempat yang nyaman.
Saya kemarin nyoba mau buat KTP, saya nunggunya di mana? Hanya ada satu kursi, dua kursi. Kalau ada yang lain, antrenya di mana, apa harus duduk di lantai? Kita ini melayani masyarakat. Mereka itu ibaratnya konsumen. Harus dilayani seperti raja.
Ke depan, tata ruang di kelurahan, kecamatan, walikota, semua wilayah, bupati, semuanya tempat pelayanan itu kayak bank, terbuka. Tempat duduknya yang dilayani justru harus enak. Tolong Pak Lurah, Bu Lurah, Pak Camat dan Bu Camat, beritahu mereka, kalau masyarakat datang, beri ucapan selamat pagi. Kalau siang, selamat siang. Ini melayani.
Jangan yang ada di front depan, sudah tehnya nggak enak, nggak ngucapin salam, merengut. Makanya pasang yang cantik di depan. Ini tempat pelayanan, budaya itu harus diubah. Saya yakin SDM di DKI ini luar biasa bagus. Luar biasa bagus.
Kita punya recource SDM yang baik. Kita cuma ingin mengubah dari pola lama ke pola yang baru. Dan saya yakin semuanya sanggup untuk itu. Gimana sanggup nggak? (hadirin menjawab sangguup!-red). Saya tunggu tanggal mainnya.
Untuk tempat ngantre buatkan sofa yang bagus. Niru bank-lah. Ada gambar tata ruang yang sama, di seluruh kelurahan dan kecamatan sehingga kelihatan bahwa kita sedang berubah sistem pelayanan. Kalau perlu yang di depan pakai pakaian khusus, jas dasi. Kalau perlu beli air conditioner. Orang nunggu 1 jam juga enak. Ini yang harus kita ubah.
Pada hari ini saya ingin menyampaikan ini saja. Saya kira semuanya sudah paham apa yang diinginkan. Jadi jangan kira saya datang ke kelurahan, kecamatan, walikota, hanya hari itu saja. Tidak. Setiap hari saya akan datang ke tempat pelayanan. Baik puskesmas, kelurahan, kecamatan, dan jangan kaget saya bisa datang pagi. Datang sore juga. Jam berapa habis kerja? (Ada yang menjawab jam empat!-red). Jam empat di sana pas akhir.
Saya datang juga tidak mau marah-marah. Hanya dolan saja, main saja. Paling kalau ada yang tidak beres, saya catat. Tapi yang kemarin saya tidak catat. Nggak akan saya tulis apa-apa. Ke depan, mesti saya bawa catatan. Itu rapor. Rapor itu perlu.
Saya dolan ke Pak Lurah, Bu Lurah, senang nggak? (Hadirin menjawab: Senaaang-red)
Saya dolan aja kok.
Lenovo Juara Mengalahkan Hawlett-Packard
Pabrikan PC asal Cina, Lenovo, berhasil menyingkirkan Hewlett-Packard sebagai pembuat PC nomor wahid di dunia. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh perusahan riset Gartner, sebagaimana dikutip oleh BBC pada Kamis, 11 Oktober 2012, Lenovo menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan PC dengan pangsa pasar terbesar di dunia pada kuartal ketiga tahun ini.
"Pemotongan harga yang agresif membantu perusahaan itu mendapatkan pangsa pasar yang besar,” kata laporan tersebut. Tidak hanya itu, laporan juga menyebutkan bahwa Lenovo adalah satu-satunya produsen PC yang mampu meningkatkan penjualannya di Amerika Serikat pada kuartal ketiga ni.
Berdasarkan riset Gartner, sebanyak 13,8 juta unit PC Lenovo telah terjual pada kuartal ketiga tahun ini atau menguasai 15,7 persen pangsa pasar PC dunia. Sementara HP terjual sebanyak 13,55 juta unit atau menguasai 15,persen pasngsa pasar dunia. Kondisi ini membalik keadaaan. Sebab, pada kuartal-kuartal sebelumnya HP masih memimpin pangsa pasar PC dunia. Dan urutan ketiga dalam grafik Gartner adalah Produsen Dell yang mampu menjual 9,22 juta unit PC atau menguasai 10,5 persen pangsa pasar.
Beberapa analis mencoba memberikan jawaban atas fenomena tersebut. Menurut analis dari Frost & Sullivan, Andrew Milroy, Lenovo telah menjadi salah salah satu produsen PC dengan kualitas produk terbaik saat ini sehingga memungkinkan peusahaan itu menguasai pangsa pasar PC dunia. "Hanya menunggu waktu sebelum Lenovo menjadi produsen PC terbaik di semua grafik,” kata Milroy.
Berbeda lembaga riset, berbeda pula hasil penelitiannya. Data dari perusahaan riset IDC menempatkan HP sebagai produsen dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Laporan IDC menunjukkan, sebanyak 13,9 juta unit PC Hp telah terjual di seluruh dunia, menang tipis dibandingkan Lenovo yang terjual sebanyak 13,8 uta unit. Sedangkan urutan ketiganya diisi oleh produsen PC Dell dengan penjualan 9,5 juta unit atau mengasai 10,8 persen pangsa pasar dunia.
"Pemotongan harga yang agresif membantu perusahaan itu mendapatkan pangsa pasar yang besar,” kata laporan tersebut. Tidak hanya itu, laporan juga menyebutkan bahwa Lenovo adalah satu-satunya produsen PC yang mampu meningkatkan penjualannya di Amerika Serikat pada kuartal ketiga ni.
Berdasarkan riset Gartner, sebanyak 13,8 juta unit PC Lenovo telah terjual pada kuartal ketiga tahun ini atau menguasai 15,7 persen pangsa pasar PC dunia. Sementara HP terjual sebanyak 13,55 juta unit atau menguasai 15,persen pasngsa pasar dunia. Kondisi ini membalik keadaaan. Sebab, pada kuartal-kuartal sebelumnya HP masih memimpin pangsa pasar PC dunia. Dan urutan ketiga dalam grafik Gartner adalah Produsen Dell yang mampu menjual 9,22 juta unit PC atau menguasai 10,5 persen pangsa pasar.
Beberapa analis mencoba memberikan jawaban atas fenomena tersebut. Menurut analis dari Frost & Sullivan, Andrew Milroy, Lenovo telah menjadi salah salah satu produsen PC dengan kualitas produk terbaik saat ini sehingga memungkinkan peusahaan itu menguasai pangsa pasar PC dunia. "Hanya menunggu waktu sebelum Lenovo menjadi produsen PC terbaik di semua grafik,” kata Milroy.
Berbeda lembaga riset, berbeda pula hasil penelitiannya. Data dari perusahaan riset IDC menempatkan HP sebagai produsen dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Laporan IDC menunjukkan, sebanyak 13,9 juta unit PC Hp telah terjual di seluruh dunia, menang tipis dibandingkan Lenovo yang terjual sebanyak 13,8 uta unit. Sedangkan urutan ketiganya diisi oleh produsen PC Dell dengan penjualan 9,5 juta unit atau mengasai 10,8 persen pangsa pasar dunia.
AVANZA: Car of The Year dan Debut Car of The Year 2012
Toyota Avanza hingga kini diakui sebagai mobil terbaik di Indonesia. Tak salah jika salah satu produk unggulan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, yakni Car of The Year dan Debut Car of The Year, dari ajang Frost & Sullivan Excellent Awards 2012.
Predikat Debut Car of The Year diraih karena sukses merespon permintaan pasar dengan tetap mencatatkan diri sebagai mobil terlaris di Indonesia. Sepanjang Januari - September tahun ini total penjualan 140.206 unit, menguasai 38 persen pangsa pasar di kelas 4x2 MPV. Jumlah ini naik 11,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Kalau dihitung sejak pertama kali diluncurkan ke pasar pada 2004, maka jualan Avanza di Indonesia sudah 843.071 unit.
Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Samuel Manasseh, Kamis (25/10) mengatakan, "Kami bersyukur atas dua penghargaan yang diraih Toyota Avanza sebagai Car of The Year & Debut Car of The Year. Penghargaan ini melengkapi berbagai penghargaan yang telah diraih Toyota Avanza sebelumnya sepanjang tahun 2012."
Predikat Debut Car of The Year diraih karena sukses merespon permintaan pasar dengan tetap mencatatkan diri sebagai mobil terlaris di Indonesia. Sepanjang Januari - September tahun ini total penjualan 140.206 unit, menguasai 38 persen pangsa pasar di kelas 4x2 MPV. Jumlah ini naik 11,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Kalau dihitung sejak pertama kali diluncurkan ke pasar pada 2004, maka jualan Avanza di Indonesia sudah 843.071 unit.
Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Samuel Manasseh, Kamis (25/10) mengatakan, "Kami bersyukur atas dua penghargaan yang diraih Toyota Avanza sebagai Car of The Year & Debut Car of The Year. Penghargaan ini melengkapi berbagai penghargaan yang telah diraih Toyota Avanza sebelumnya sepanjang tahun 2012."
Langganan:
Postingan (Atom)